Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan Dengan Mudah

Pada dunia bisnis dikenal suatu istilah yang disebut dengan harga pokok penjualan. Kebanyakan orang mengenal harga pokok penjualan sebagai biaya penjualan. Nilai dari harga pokok penjualan merupakan hal yang sangat penting karena menyangkut laporan laba/rugi dalam manajemen keuangan bisnis.

Adanya harga pokok penjualan juga berperan dalam penentuan harga jual produk. Berdasarkan hal tersebut, harga pokok penjualan juga tentu akan berhubungan dengan kerugian atau keuntungan yang diperoleh dari penjualan produk. Oleh karena itu, melakukan perhitungan harga pokok penjualan merupakan hal yang sangat penting untuk dilaksanakan.

Adapun definisi dari harga pokok penjualan adalah jumlah pengeluaran secara keseluruhan baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengeluaran tersebut dilakukan untuk menghasilkan barang atau jasa sehingga nantinya akan dapat dijual atau digunakan. Untuk mengetahui lebih jelas tentang penghitungan harga pokok penjualan, berikut ini merupakan beberapa ulasannya.

Komponen Penentu Harga Pokok Penjualan Perusahaan Dagang

Secara umum jenis usaha yang menerapkan perhitungan harga pokok penjualan dibagi menjadi dua jenis. Kedua jenis usaha tersebut adalah perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur. Dalam hal ini, perhitungan harga pokok penjualan dari masing-masing usaha tersebut akan berbeda.

Berdasarkan hal tersebut, sebelum mengetahui cara perhitungan harga pokok penjualan pada perusahaan dagang. Ada baiknya untuk mengetahui komponen apa saja yang digunakan sebagai penentuan perhitungannya. Komponen-komponen penentuan perhitungan harga pokok penjualan pada perusahaan dagang tersebut terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Persediaan Awal Barang Dagang

Merupakan nilai besaran dari stok atau persediaan barang pada saat awal tahun buku berjalan atau awal periode. Adapun informasi mengenai saldo persediaan awal barang dagang dapat dilihat pada laporan keuangan. Lebih tepatnya yaitu dibagian neraca awal perusahaan atau neraca saldo periode berjalan atau neraca tahun sebelumnya.

  1. Persediaan Akhir Barang Dagangan

Sebaliknya, komponen ini merupakan nilai yang menunjukkan besar dari persediaan barang pada saat akhir tahun buku berjalan atau akhir periode. Untuk bisa mendapatkan informasi terkait hal ini dapat diketahui melalui data pada laporan penyesuaian perusahaan di akhir periode.

  1. Pembelian Bersih

Merupakan jumlah keseluruhan dari pembelian barang dagangan yang dilakukan baik secara tunai maupun secara kredit oleh suatu perusahaan. Selain itu, pengeluaran terkait biaya angkut dari pembelian dikurangi dengan potongan serta retur pembelian juga termasuk ke dalam pembelian bersih.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan pada Perusahaan Dagang

Perhitungan harga pokok penjualan dilakukan untuk dapat mengetahui pengeluaran biaya produksi yang harus dilakukan oleh perusahaan dagang. Hal tersebut tentu sangat dibutuhkan ketika perusahaan ingin memproduksi kembali barang atau jasa yang akan dijadikan sebagai produk. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Menghitung Penjualan Bersih

Langkah awal dalam perhitungan harga pokok penjualan pada perusahaan dagang adalah menentukan jumlah penjualan bersih yang telah dilakukan. Dalam hal ini, besar penjualan bersih dapat diperoleh dengan mengurangi nilai penjualan dengan jumlah antara nilai potongan dan nilai retur penjualan.

  1. Menghitung Pembelian Bersih

Setelah dihitung nilai penjualan bersih maka langkah selanjutnya adalah menghitung nilai dari pembelian bersih. Cara menghitung besar dari pembelian bersih adalah dengan menjumlahkan nilai dari pembelian dan nilai ongkos angkut pembelian. Kemudian hasil perhitungan tersebut dikurangi dengan jumlah dari nilai retur dan potongan pembelian.

  1. Menghitung Persediaan Barang

Langkah selanjutnya untuk menghitung harga pokok penjualan dalam hal ini adalah dengan menentukan besar dari persediaan barang. Cara menghitung besar persediaan barang adalah dengan menjumlahkan hasil dari langkah pertama dengan langkah kedua.

  1. Menghitung Harga Pokok Penjualan

Setelah mengetahui jumlah persediaan barang maka harga pokok penjualan akan dapat dihitung. Adapun cara menghitung harga pokok penjualan adalah dengan mengurangi jumlah persediaan barang dengan persediaan akhir barang. Dengan adanya hasil perhitungan tersebut maka telah diketahui besar dari harga pokok penjualan pada perusahaan dagang.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan pada Perusahaan Manufaktur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa perhitungan harga pokok penjualan antara perusahaan dagang dengan perusahaan manufaktur akan berbeda. Dalam hal ini, perhitungan harga pokok penjualan pada perusahaan manufaktur akan lebih panjang karena didalamnya terdapat proses produksi. Adapun cara menghitung harga pokok penjualan perusahaan manufaktur dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini.

  1. Menghitung Bahan Baku

Seperti yang diketahui bahwa perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang menghasilkan barang dagangannya sendiri. Berdasarkan hal tersebut perusahaan manufaktur membutuhkan bahan mentah untuk dijadikan sebagai produk. Pada perhitungan harga pokok penjualan, besar dari bahan baru yang digunakan akan berperan sebagai modal pertama untuk pertama kali.

Penentuan dari besarnya bahan baku yang digunakan dapat dilakukan dengan perhitungan tertentu. Perhitungan tersebut adalah dengan menjumlahkan sisa bahan baku pada akhir periodedengan pembelian bahan baku yang dilakukan pada periode selanjutnya.

Selanjutnya hasil dari perhitungan tersebut kemudian dikurangi dengan besar saldo akhir dari bahan baku. Hasil baru yang diperoleh tersebut merupakan besar dari bahan baku yang telah digunakan.

  1. Menghitung Biaya Produksi Lainnya

Selain bahan baku, pada proses produksi dari perusahaan manufaktur juga menyertakan biaya lain sebagai penunjang untuk dapat menghasilkan produk. Dalam hal ini, besar biaya tambahan tersebut dapat diketahui dengan menjumlahkan seluruh komponen pendukung yang dibutuhkan.

Seperti biaya listrik, biaya pemeliharaan mesin produksi, biaya reparasi, dan biaya lain yang diperlukan. Selain itu, biaya tenaga kerja juga termasuk dalam hal ini sehingga harus dimasukkan biaya produksi lainnya.

  1. Menghitung Total Biaya Produksi

Nilai dari total biaya produksi merupakan harga dari pokok produksi. Dimana biaya tersebut adalah sebagian dari biaya yang dikeluarkan ketika barang sudah mencapai proses produksi sekaligus sebagai biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi barang.

Adapun cara untuk menghitung total biaya produksi adalah dengan menjumlahkan besardari komponen tertentu. Dalam hal ini, besaran yang harus dijumlahkan adalah nilai bahan baku yang digunakan pada proses awal periode dengan nilai bahan baku tidak pokok atau tambahan seperti biaya tenaga kerja langsung dan overhead.

Setelah itu hasil dari penjumlahan tersebut kemudian dikurangi dengan nilai dari sisa barang yang terdapat pada akhir periode. Nilai yang dihasilkan tersebut merupakan besar dari total biaya produksi.

  1. Menghitung Harga Pokok Produksi

Langkah selanjutnya untuk dapat mengetahui harga pokok penjualan adalah dengan menghitung harga pokok produksi terlebih dahulu. Cara menghitung harga pokok produksi adalah dengan menjumlahkan total biaya produksi dengan besar persediaan barang dalam proses produksi awal.

Setelah itu hasil perhitungan tersebut kemudian dikurangi dengan besar persediaan barang dalam proses produksi akhir. Hasil perhitungan baru tersebut merupakan nilai dari harga pokok produksi.

  1. Menghitung Harga Pokok Penjualan

Setelah diperoleh besar dari harga poko produksi dari perhitungan sebelumnya maka harga pokok penjualan akan dapat dihitung. Adapun cara menentukan besaran ini adalah dengan menjumlahkan nilai dari harga pokok produksi dengan nilai persediaan barang awal. Hasil perhitungan tersebut kemudian harus dikurangi dengan nilai persediaan barang akhir sehingga diperoleh besar harga pokok penjualannya.

Itulah cara dalam menghitung harga pokok penjualan pada perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur. Semoga bermanfaat.