Pengertian Faktur Penjualan di Accurate Online

Pengertian Faktur Penjualan di Accurate Online

 

Bagi masyarakat awam yang belum pernah terjun ke dunia bisnis mungkinakan merasa asing dengan kata faktur penjualan. Kata tersebut merupakan suatu hal yang berhubungan dengan transaksi baik baik pertukaran berupa barang maupun jasa. Penyediaan suatu faktur pada sebuah transaksi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Agar dapat mengetahui lebih jelas mengenai pengetahuan tentang faktur.Berikut ini merupakan beberapa ulasan yang membahas tentang apa saja terkait faktur beserta contohnya.

Pengertian Faktur Penjualan di Accurate Online Secara Umum

Faktur merupakan kata umum yang sering digunakan dalam bisnis perdagangan. Dalam hal ini, faktur adalah bentuk dari perhitungan penjualan kredit. Berdasarkan ha tersebut, faktur dibuat serta diberikan oleh pihak penjual kepada konsumen atau pembeli.

Istilah lain dari faktur dalam bahasa inggris yaitu invoice yang memiliki arti yaitu sebuah bukti dalam kegiatan transaksi. Bukti berupa faktur penjualan ini menyatakan bahwa produk baik berupa barang maupun jasa yang dicantumkan didalamnya telah diperjual belikan.

  1. Keterangan dalam Faktur

Bentuk dari sebuah faktur adalah berupa sebuah lembaran yang berisi tentang keterangan-keterangan tertentu berkaitan dengan transaksi jual beli. Selain itu, sebuah faktur penjualan juga berisi keterangan mengenai identitas dari penjual dan pembeli seperti nama, alamat, dan nomor kontak.

Sementara itu, untuk keterangan yang berkaitan dengan transaksi jual beli biasanya berupa nomor pesanan, rincian produk, biaya, dan lain sebagainya. Berdasarkan keterangan yang terdapat didalamnya tersebut, faktur juga dapat diartikan sebagai rincian pengiriman suatu produk.

Rincian tersebut berhubungan dengan catatan daftar barang, identitas yang terlibat didalam transaksi,harga, serta hal lainnya terkait pembayaran. Selain itu, faktur yang berisi tentang rincian tersebut telah disepakati sebelumnya antara pihak penjual dengan konsumen. Oleh karena itu, dapat juga dikatakan bahwa faktur menjadi sebuah bukti dari adanya kesepakatan dalam melakukankegiatan jual beli.

Namun biasanya dalam sebuah transaksi jual beli diberlakukan sistem pembayaran secara bertahap atau kredit. Dalam hal ini, faktur yang diberikan akan bertahap dan biasanya sebelum pembayaran lunas yang diberikan berupa copy faktur kemudian jika sudah mencapai pelunasan maka faktur asli baru akan diberikan.

Faktur biasanya terdiri dari tiga lembar yang salah satunya berupa lembar copy berwarna diperuntukkan bagi pembeli. Selain itu terdapat lembaran copy berwarna lainnya sebagai arsip penjualan serta lembar terakhir adalah untuk laporan bagian keuangan bagi pihak penjual.

  1. Fungsi Faktur

Pentingnya peran faktur sebagai bukti dari aktivitas jual belijuga membuatnya memiliki fungsi tertentu dalam pembuatannya. Dalam hal ini, fungsi dari pembuatan faktur yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  • Faktur berfungsi sebagai sebuah bukti pungutan untuk pengusaha kena pajak. Hal tersebut berlaku dalam penyerahan baik barang maupun jasa kena pajak.
  • Faktur berfungsi sebagai suatu sarana dalam melaksanakan pengkreditan pajak masukan oleh pengusaha kena pajak dalam membeli barang kena pajak.
  • Faktur juga berfungsi sebagai bukti pungutan pajak jenis PPN atau PPn Bm dikarenakan impor BKP oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Faktur Penjualan

Faktur dapat dibedakan menjadi beberapa jenis menyesuaikan jenis usaha yang dijalankan. Namun jenis faktur yang sering digunakan dalam masyarakat adalah faktur penjualan atau dikenal juga dengan istilah sales invoice. Adapun pengertian dari faktur penjualan adalah sebuah lembar bukti dari tagihan atau transaksi atas pembelian barang atau jasa tertentu kepada pelanggan.

Pemberian dari faktur tersebut dilakukan bersamaan dengan pengiriman barang atau jasa terkait. Bentuk darifaktur penjualan tidak bersifat baku sehingga pelaku usaha dapat mengubahnya sesuai dengan keperluan dan usaha yang dijalankan.

Adapun bentuk yang sering dijumpai di masyarakat umum adalah berupa tagihan kwitansi. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang berkaitan dengan kemajuan teknologi. Saat ini juga sudah dijumpai adanya faktur penjualan secara digital. Bahkan faktur elektronik tersebut tidak hanya ditetapkan sebagai bukti transaksi yang sah, akan tetapi juga sekaligus digunakan sebagai faktur pajak.

  1. Manfaat Faktur Penjualan

Dalam menjalankan usaha perdagangan, faktur merupakan hal yang sangat penting karena memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  • Faktur penjualan berguna sebagai sumber informasi terkait barang atau jasa yang telah dibeli oleh konsumen.
  • Faktur penjualan memiliki sumber informasi terkait nominal tagihan yang harus diserahkan dalam pelaksanaan transaksi jual beli.
  • Faktur penjualan berfungsi sebagai rujukan yang saha jika suatu saat terjadi penjualan barang atau jasa oleh orang lain.
  • Faktur penjualan menjadi dasar bukti yang sah sekaligus sebagai rujukan koreksi pada kasus tertentu maupun untuk pembukuan transaksi bagi pihak penjual.
  1. Cara Membuat Faktur Penjualan

Membuat faktur penjualan untuk usaha dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara manual atau konvensional dan secara modern. Cara membuat faktur tersebut dapat dipilih menyesuaikan kebutuhan dan usaha yang dijalankan. Pemilihan cara tersebut juga harus disesuaikan dengan hal yang berkaitan dengan kapasitas dari usaha terkait.

Pada pembuatan faktur penjualan secara konvensional dapat dilakukan dengan sangat sederhana. Cara yang dilakukan dalam hal ini yaitu hanya menuliskan informasi terkait transaksi. Informasi tersebut dapat berupa jumlah pembayaran, detail pembelian, identitas diri, serta informasi penting lainnya yang sekiranya diperlukan.

Selain itu, cara pembuatan faktur manual juga dapat dilakukan dengan bantuan software tertentu yang sering dijumpai. Salah satu diantaranya yang paling umum untuk digunakan yaitu microsoft excel. Aplikasi tersebutmemang cukup mudah untuk digunakan sebagai alat membuat faktur penjualan. Adapun pembuatan faktur dalam hal ini mencakup kerangka seperti tabel beserta keterangan yang dibutuhkan.

Sementara itu, untuk pembuatan faktur secara modern dilakukan dengan aplikasi yang lebih canggih yaitu berupa software khusus akuntansi. Melalui software khusus tersebut, faktur akan dapat dibuat, dicetak, atau bahkan dikirim dalam waktu singkat.

Selain itu, software akuntansi juga menyediakan berbagai macam template disertai dengan bentuk faktur pada umumnya. Lebih lanjut, bentuk faktur tersebut dapat diubah sedemikian rupa sehingga mampu menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Melalui software akuntansi ini, penggunanya juga tidak perlu membuat desain faktur karena fasilitas tersebut juga sudah disediakan. Pengguna juga dapat dengan mudah menggunakan software akuntansi tersebut untuk mengubah faktur yang disediakan di jurnal menjadi faktur pajak secara otomatis.

Berdasarkan fasilitas yang disediakan tersebut, pembuatan faktur dengan cara modern lebih dibutuhkan pada usaha berskala besar. Sedangkan pada usaha skala kecil dan menengah, faktur dapat dibuat dengan cara konvensional serta aplikasi microsoft excel saja.

  1. Contoh Faktur Penjualan

Agar lebih mengerti tentang faktur penjualan maka dapat diketahui dengan melihat langsung contohnya. Akan tetapi contoh yang ditampilkan dalam hal ini berubah faktur penjualan pada usaha skala kecil atau menengah saja.

Sementara itu, untuk aplikasi software akuntansi yang menyediakan layanan pembuatan faktur lebih jelasnya dapat dicari melalui mesin pencarian di internet. Adapun contoh dari faktur penjualan pada umumnya yang hadir di masyarakat dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Itulah penjelasan secara singkat dan umum mengenai pengetahuan tentang faktur penjualan yang perlu diketahui. Pengetahuan diatas tentu dapat diaplikasikan dalam menjalankan usaha.

Semoga bermanfaat!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *