Cara Mengetahui Transaksi Yang Tidak Mengisi Nomor Seri/Produksi Barang

Jika didapati kondisi dimana nomor seri/produksi suatu barang tidak sama dengan stok persediaan dari barang tersebut, kemungkinan karena disebabkan adanya transaksi yang berhubungan dengan barang tersebut yang tidak diisikan nomor seri/produksi-nya.

Dan untuk mengetahui transaksi mana yang tidak di-isikan nomor seri/produksi-nya, anda bisa melakukan pemeriksaan dari Laporan Transaksi Tanpa Nomor Seri/Produksi, yang bisa diakses dari menu Laporan | Daftar Laporan | Gudang.  Laporan tersebut akan menampilkan semua transaksi yang belum di-isikan nomor seri/produksi-nya dari semua barang.

Laporan Transaksi Tanpa Nomor Seri/Produksi

Jika sudah diketahui transaksi mana saja yang belum diisikan nomor seri/produksi-nya, anda bisa melakukan pengisian langsung di transaksi tersebut, yaitu dengan meng-klik 2x pada informasi transaksi yang bersangkutan. Atau bisa melakukan pengisian seperti pada panduan disini.

Note : jika Laporan Transaksi Tanpa Nomor Seri/Produksi tidak ada di Daftar Laporan Gudang, silakan masuk ke menu Pengaturan | Preferensi | Pembatasan | Nomor Seri, jangan aktifkan (jangan dicentang) fitur “Nomor Seri/Produksi barang harus diisi saat transaksi” kemudian simpan dan cek kembali ke menu Laporan. Fitur ini bisa anda aktifkan dan non-aktifkan sewaktu-waktu.