Bisnis online dewasa ini menjadi pilihan bagi banyak orang. Selain waktu pengelolaannya fleksibel, peluang usaha jenis ini juga memiliki jangkauan penjualan yang lebih luas, tidak hanya di dalam, tapi juga luar negeri. Tentunya diperlukan teknik dan strategi yang tepat agar bisnis online sukses dan mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan global. Apa sajakah itu?

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial seperti Facebook dan Instagram punya peran yang sangat besar dalam menentukan sukses tidaknya toko online yang Anda kelola. Survei dari We Are Social pada awal 2018 ini menyebut bahwa orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu selama 3 jam 20 menit dalam sehari untuk mengakses media sosial.

Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang emas ini untuk mempromosikan dagangan atau keahlian yang dimiliki. Selain mudah, promosi di media sosial juga terbilang murah (kecuali Anda memanfaatkan layanan berbayar Facebook Ads dan semacamnya).

  1. Perhatikan Konten

Salah satu trik keramat untuk menarik minat dan perhatian pembeli adalah membuat produk Anda terlihat semenarik mungkin. Pun karena konteksnya Anda sedang berjualan secara online, maka display produk (baik berupa foto atau video) juga harus disiapkan dengan baik.

Jangan malas belajar teknik fotografi produk yang banyak tersedia di internet. Copywriting juga sangat berpengaruh, lho, terhadap kesuksesan bisnis online Anda. Ingat, tampilan visual adalah hal pertama yang menentukan apakah pembeli akan mampir ke toko Anda atau tidak.

  1. Engagement dan Kesan yang Baik

Sebagus dan seberkualitas apa pun produk yang dijual, jika respons Anda terhadap pembeli kurang baik, maka jangan harap bisnis online Anda akan bertahan. Sebagai penjual Anda perlu lebih sering berinteraksi dengan pembeli dan calon pembeli. Misalnya dengan saling berbalas komentar atau status.

Jangan pasif! Engagement dan sikap ramah dari Anda secara tak langsung akan menciptakan kesan baik di mata para konsumen. Dengan begitu, mereka juga tak segan-segan untuk berbelanja lagi di toko Anda.

  1. Buat Manajemen Keuangan yang Jelas

Kesalahan umum para pelaku bisnis online adalah tidak membuat manajemen keuangan yang jelas dan rapi. Akibatnya, usaha lama-kelamaan jadi semakin lesu karena sistem administrasi yang bocor.

Agar Anda terhindar dari kesalahan semacam ini salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda adalah ACCURATE ONLINE. Dengan menggunakan ACCURATE Online data akuntansi Anda dapat tercatat dengan rapi, tepat, dan up to date. Selain itu, ACCURATE ONLINE juga akan memudahkan Anda karena penggunaannya mudah, aman, dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Software akuntansi dengan akurasi yang sudah terjamin, seperti ACCURATE Online merupakan salah satu cara memastikan pembukan perusahaan Anda terkelola dengan benar dan baik. Anda dapat mendapatkan free trial apabila mendaftarkan perusahaan Anda disini sekarang.

softwareaccurate.net/1

Aplikasi akuntansi yang khusus disediakan untuk para pelaku UMKM di Indonesia ini sudah mengikuti PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) dan siap pakai, sehingga sangat mudah digunakan oleh siapa pun.

Itulah beberapa kiat sukses menjalankan bisnis online yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!