Melihat Peluang dari Bisnis Toko Bangunan dan Cara Mengelolanya

Pada zaman dulu, membuat rumah dapat dilakukan dengan hanya menggunakan bambu dan jenis kayu tertentu. Namun, adanya perkembangan pembangunan yang sangat pesat membuat hal tersebut sudah tidak lagi digunakan dalam masyarakat.

Terlebih dengan semakin banyaknya jumlah penduduk maka kebutuhan akan bahan bangunan juga terus bertambah. Selain untuk kebutuhan pembangunan hunian, kebutuhan akanbahan bangunan juga digunakan dalam pemabangunan gedung-gedung serta penyediaan berbagai fasilitas umum bagi masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, membangun usaha toko bangunan merupakan bisnis yang dapat dikatakan cukup menjanjikan untuk dipilih. Akan tetapi dalam menjalankan bisnis bahan bangunan sendiri membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sementara itu, cara untuk dapat menjalankan usaha toko bangunan dapat dilihat pada beberapa ulasan dibawah ini.

Menentukan Lokasi Usaha

Berdasarkan modal yang dimiliki, memulai usaha toko bangunan dapat dibagi menjadi dua yaitu modal besar dan modal terbatas. Dalam hal ini cara yang dilakukan pada masing-masing kondisi tersebut sedikit berbeda.

Akan tetapi prinsip tujuan yang utama adalah sama yaitu agar dapat mencapai target yang sesuai dengan harapan. Selain itu, prinsip utama dalam memilih lokasi usaha dalam hal ini adalah sama, yaitu menentukan lokasi yang strategis. Adapun perbedaan dari penentuan lokasi berdasarkan modal yang dimiliki yaitu sebagai berikut ini.

  1. Lokasi Usaha Untuk Modal Besar

Memiliki modal yang berkecukupan tentu menjadi kelebihan dalam menjalankan suatu usaha apapun. Dalam hal ini, penentuan lokasi dapat dilakukan di daerah perkotaan yang menjadi tempat utama bagi masyarakat untuk berbelanja segala macam kebutuhan.

Akan tetapi pastikan untuk dapat memilih tempat-tempat ramai dan mudah dijangkau seperti dipinggir jalan, dekat terminal, pasar tradisional. Selain itu, perhatikan juga disekitarbangunan yang akan dijadikan lokasi usaha seperti ketersediaan lahan parkir.

Memilih lokasi usaha yang berada di daerah perkotaan akan menjadi kelebihan tersendiri. Hal tersebut dikarenakan lokasi usaha yang berada di perkotaan tentu akan memberikan peluang lebih besar untuk bisa mendapatkan calon konsumen dengan mudah.

  1. Lokasi Usaha Untuk Modal Kecil dan Menengah

Apabila calon pelaku usaha memiliki modal yang terbatas untuk menjalankan bisnis toko bangunan. Maka modal yang tersedia harus digunakan dengan maksimal dan dipertimbangkan dengan baik-baik. Dalam hal ini, usaha toko bangunan pada skala kecil dan menengah tidak bisa disamakan dengan usaha kecil lainnya seperti jualan makanan dan lain sebagainya.

Berdasarkan hal tersebut, modal 50 juta rupiah saja masih dikategorikan sebagai usaha toko bangunan kecil. Oleh karena itu, memilih lokasi selain mempertimbangkan letak yang strategis juga harus didasarkan pada harga sewa tempatnya. Belum lagi pelaku usaha juga memerlukan dana untuk barang bangunan yang akan dijual nantinya.

Agar modal yang dimiliki dapat digunakan secara efisien dan maksimal, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut adalah dapat menggunakan ruko sendiri yang digunakan untuk toko bangunan.

Selain itu juga dapat dilakukan dengan menyewa kios sesuai dengan dana yang dimiliki. Adapun tempat yang dapat dipilih dalam hal ini adalah didaerah semi kota atau pedesaan yang memiliki kepadatan penduduk cukup banyak dan luas.

Membuat Susunan Daftar Bahan Bagunan

Langkah selanjutnya setelah berhasil menentukan lokasi toko bangunan adalah menyusun daftar bahan bangunan. Hal ini tentu juga harus dipertimbangkan dengan baik dan menyesuaikan modal yang dimiliki. Bagi seorangpemula, menentukan bahan bangunan apa saja yang akan dijual nantinya mungkin menjadi hal cukup sulit.

Hal tersebut dikarenakan pemilihan bahan-bahan bangunan harus dilakukan dengan sangat teliti dan juga efektif. Berdasarkan hal tersebut, pastikan untuk dapat memilih bahan-bahan yang memiliki perputaran cepat. Dengan kata lain bahan-bahan terkait akan dapat menyisakan sedikit stok dalam waktu cukup singkat.

Melalui penentuan bahan yang tepat tersebut, maka pelaku usaha nantinya akan bisa memperoleh balik modal dengan cepat. Sehingga kerugian atau kebangkrutan juga akan dapat dihindari saat menjalankan usaha toko bangunan nantinya.

Adapun cara untuk dapat mengetahui bahan-bahan apa saja yang memiliki perputaran cepat adalah dengan mencari informasi. Baik melalui buku, rekan yang memiliki pengalaman tentang bahan-bahan bangunan, atau melalui jaringan internet. Selain itu, pastikan juga untuk dapat mengetahui produk dengan merk apa saja yang paling banyak dicari serta kisaran harga tentang bahan-bahan terkait.

Umumnya item yang paling umum dan sering dicari oleh masyarakat yaitu terdiri dari batu bata, pasir, semen, berbagai macam cat, besi, dan perlengkapan tukang. Pelaku bisnis yang baru memulai usahanya dengan menyediakan bahan-bahan umum tersebut terlebih dahulu.

Hal ini dapat dilakukan terutama bagi pelaku usaha dengan modal yang terbatas. Akan tetapi bagi pelaku usaha yang tidak memiliki masalah dalam ketersediaan modal dapatmenyediakan item sesuai dengan susunan daftar.

Memulai Usaha Toko Bangunan

Setelah tempat dan barang-barang dagangan telah ditentukan maka pelaku usaha dapat mulai menjualnya kepada masyarakat. Adapun hal-hal yang harus dilakukan dalam memulai usaha toko bangunan ini yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

  1. Mempromosikan Usaha Toko Bangunan

Langkah awal agar memulai usaha toko bangunan dapat mendatangkan pelanggan adalah dengan melakukan promosi. Dalam hal ini, agar benar-benar dapat membuahkan hasil, promosi yang dilakukan harus tepat sasaran.

Adapun cara yang dapat dilakukan dalam hal ini yaitu dengan memperkenalkan usaha kepada saudara dan juga kerabat dekat. Pelaku usaha juga dapat melakukan pendekatan dengan kontraktor atau tukang bangunan. Promosi dapat dilakukan dengan langsung menawarkan barang-barang bangunan serta memberitahukan keunggulan dari toko bangunannya.

Promosi juga dapat dilakukan dengan membuat selebaran berisi daftar harga atau promo dalam informasi terbukanya usaha toko bangunanbaru. Selanjutnya selebaran tersebut dapat disebarkan ke daerah sekitar atau bahkan tempat-tempat yang sedang dalam pengerjaan bangunan. Promosi juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan media yang hadir disekitar masyarakat seperti Radio lokal.

  1. Memberi Keunggulan Tersendiri Untuk Memenangkan Persaingan

Setiap menjalankan suatu usaha apapun tentu akan dihadapkan dengan persaingan. Agar usaha toko bangunan mampu bersaing dengan usaha sejenis lainnya maka harus ada sesuatu yang dapat menarik perhatian calon pelanggan.

Dalam hal ini, pelaku usaha harus dapat menentukan serta menerapkan strategi yang tepat dalam menjalankan usaha toko bangunannya. Strategi tersebut dapat berupa menentukan keunggulan pada berbagai bidang yang dianggap menarik bagi pelanggan.

Misalkan saja pelayanan maksimal yang dilakukan terhadap pelanggan. Pelayanan terbaik dapat dilakukan dengan sikap ramah dan tutur kata yang sopan kepada pelanggan. Pelayanan tersebut juga tidak boleh dilakukan pada pelanggan tertentu saja yaitu pelanggan yang membeli dengan jumlah besar.

Pelayanan terbaik juga harus dilakukan dengan pelanggan lain meskipun membeli dalam jumlah kecil. Dengan demikian, toko bangunan akan bisa mendapatkan pelanggan tetap lebih banyak nantinya.

Selain itu, keunggulan dari toko bangunan juga dapat ditentukan dalam penetapan harga barang jualnya. Sebagai toko bangunan baru, jika menetapkan harga lebih mahal dari harga pasaran. Maka orang-orang bahkan tidak akan melirik usaha atau bahkan berniat untuk membeli di toko bangunan yang dijalankan.

Tidak hanya itu, penentuan harga jauh dibawah pasaran juga tidak disarankan untuk dilakukan. Hal tersebut tentu akan dapat mempengaruhi keuntungan yang diperoleh nantinya. Oleh karena itu, untuk menarik pelanggan diawal, harga jual dapat ditentukan dengan sedikit lebih murah dari harga pasaran.

Itulah beberapa cara untuk dapat menjalankan usaha toko bangunan yang dapat dipelajari. Semoga bermanfaat.

Mau coba Software Akuntansi Gratis yaitu ACCURATE ONLINE, bikin bisnis anda jadi mudah. Dengan cara Klik Disini

Free Konsultasi Accurate Online untuk bantu bisnis anda ke Whatsapp 081296921270 (Rendy)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *