Pengertian dari SOP Adalah

Pengertian SOP Perusahaan

Pengertian SOP Perusahaan

Pengertian SOP Perusahaan

 

Tahukah Anda apakah yang dimaksud dengan SOP atau standard operating procedure? Nah, pengertian dari standard operating procedure atau SOP perusahaan adalah suatu dokumen yang isinya tentang prosedur kerja yang wajib untuk dilakukan secara kronologis serta secara sistematis. Hal tersebut dikerjakan guna menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu yang bertujuan supaya bisa mendapatkan hasil pekerjaan yang paling efektif.

Istilah standar operasional prosedur atau SOP ini biasanya digunakan pada bidang bisnis terutama pada bisnis yang bergeraknya di sektor industri. SOP ini juga suatu pedoman maupun acuan untuk bekerja dengan alat penilaian kinerja para pegawai dan juga fungsi  yang telah sesuai dengan prosedur tata kerja, sistem kerja dan juga prosedur kerja yang sudah diberlakukan di perusahaan tersebut.

SOP atau standar operasional prosedur memiliki tujuan utama supaya proses pelaksanaan suatu pekerjaan bisa dikerjakan dengan tertib, rapi dan juga sistematis mulai dari awal sampai dengan akhir. Selain itu, dengan adanya SOP ini juga diharapkan supaya kualitas dari pekerjaan bisa menjadi lebih baik.

Pengertian SOP Perusahaan Menurut Para Ahli

Pengertian SOP dari beberapa ahli ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Moekijat

Pengertian SOP atau standar operasional prosedur menurut Moekijat ini merupakan urutan dari langkah-langkah atau juga pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan seperti di mana pekerjaan itu dikerjakan, di mana melakukannya, siapa yang melakukannya dan juga bagaimana cara melakukannya.

  • Istyadi Insani

Pengertian standard operating procedure atau SOP menurut seorang ahli bernama Istyadi Insani menyatakan yaitu dokumen yang di dalamnya berisi tentang serangkaian instruksi secara tertulis yang telah dibakukan terkait dengan proses-proses penyelenggaraan administrasi perkantoran. Di dalamnya berisikan tentang cara-cara dalam melakukan pekerjaan, tempat untuk menyelenggaraannya, waktu untuk pelaksanaannya serta pelaku yang berperan di dalam kegiatan tersebut.

  • Sailendra

Sailendra berpendapat bahwa SOP  adalah suatu perpaduan yang dipergunakan supaya bisa memastikan bahwa kegiatan operasional yang terdapat di dalam suatu perusahaan telah berjalan lancar yang sesuai harapan.

  • Tjipto Atmoko

Sedangkan SOP atau standard operating procedure menurut Tjipto Atmoko yakni suatu acuan atau suatu pedoman di dalam menjalankan tugas pekerjaan yang telah sesuai dengan fungsi serta alat penilaian terhadap kinerja di suatu instansi pemerintah maupun instansi non pemerintah, usaha atau juga non usaha. Semuanya itu berdasarkan atas indikator-indikator teknis, prosedural yang sesuai tata kerja serta administratif, prosedur kerja dan juga sistem kerja di tiap-tiap unit kerja yang saling berhubungan.

Pengertian SOP Perusahaan

 

Tujuan SOP (Standar Operasional Persedur)

Tujuan dari standard operating procedure atau SOP adalah secara umum yaitu untuk bisa menjelaskan sedetail mungkin terkait semua kegiatan tugas serta pekerjaan yang telah dilakukan secara berulang-ulang pada suatu perusahaan. Dilihat dari pelaksanaannya, maka SOP atau standard operating procedure ini memiliki beberapa tujuan yang bisa bermanfaat terhadap operasional di perusahaan maupun organisasi, seperti:

  • Untuk menjaga kondisi tertentu maupun konsistensi kinerja, serta ke mana petugas serta lingkungan di dalam pelaksanaan suatu tugas atau pekerjaan tertentu.
  • Untuk memberikan acuan atau juga pedoman di dalam pelaksanaan suatu pekerjaan maupun tugas terhadap para pekerja maupun supervisor.
  • Untuk membantu perusahaan dalam menghindari kesalahan, keraguan, konflik, pemborosan dan juga duplikasi di dalam pelaksanaan pekerjaan.
  • Untuk memberikan parameter atau juga ukuran di dalam penilaian dari mutu kerja maupun pelayanan.
  • Untuk memberikan jaminan kepada para pengguna seluruh sumber daya dengan cara yang efektif serta efisien.
  • Untuk menjalankan seluruh urutan serta alur kerja, tanggungjawab dan juga wewenang para petugas yang berhubungan.
  • Sebagai dokumen yang di dalamnya bisa memberikan penjelasan-penjelasan serta penilaian terhadap proses dari pelaksanaan kerja jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan administrasi.
  • Sebagai dokumen yang isinya terkait pedoman yang bisa dipakai untuk berbagai kegiatan pelatihan pekerjaan.
  • Menjadi dokumen sejarah apabila akan melakukan revisi SOP serta untuk menggantinya dengan SOP yang lebih baru.

Fungsi SOP (Standar Operasional Prosedur)

Berikut ini fungsi dari SOP yang perlu Anda pahami:

  • Membantu supaya mempermudah pekerjaan bagi para pegawai maupun unit atau tim kerja
  • Sebagai dasar hukum kuat jika sewaktu-waktu terjadi suatu penyimpangan
  • Untuk memberikan pengetahuan yang terkait dengan hambatan-hambatan yang sedang atau akan terjadi terhadap para pegawai
  • Memberikan arahan terhadap para pegawai supaya mereka bisa saling menjaga kedisiplinan di dalam melakukan pekerjaan
  • Sebagai pedoman atau acuan di dalam melaksanakan tugas maupun kerja

Manfaat SOP (Standar Operasional Prosedur)

Karena SOP ini dipakai sebagai pedoman kerja, maka tentunya SOP punya peran yang sangat penting di dalam suatu perusahaan. Terutama SOP ini juga telah dipakai sebagai dasar untuk bagaimana para anggota perusahaan dalam melakukan pekerjaan. Inilah manfaat SOP:

  • Meminimalisir atau mengurangi kelalaian serta kesalahan para pegawai di dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sebab SOP ini juga punya peran sebagai standarisasi bagi perusahaan.
  • Di dalam dokumen SOP terdapat acuan kerja bagi para pegawai. Dengan begitu, maka SOP bisa membantu bagi para pegawai supaya mereka lebih mandiri serta tidak lagi ketergantungan dengan intervensi manajemen perusahaan.
  • Bisa membantu untuk meningkatkan akuntabilitas.
  • Menciptakan ukuran standar kerja serta bisa dijadikan sebagai acuan dalam melakukan evaluasi kinerja para pegawai.
  • Membantu para pegawai baru supaya mereka lebih cepat beradaptasi dengan pekerjaan dan lingkungannya.
  • Untuk menghindari terjadinya tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas
  • Untuk membantu pekerjaan supaya bisa diselesaikan secara konsisten

Prinsip-Prinsip SOP

Berdasarkan pengertian SOP, maka dalam implementasinya harus memenuhi beberapa prinsip SOP sebagai berikut:

  • Konsistensi

Karena tujuan SOP adalah sebagai acuan kerja, maka SOP harus dilaksanakan dan juga dibuat dengan konsisten dari waktu ke waktu bagi siapa saja dan dengan kondisi apa saja.

  • Mengikat

Walaupun sifat SOP adalah dinamis pada penyempurnaan, akan tetapi di dalam penerapannya, SOP memiliki sifat yang mengikat untuk siapa saja. Tugas maupun pekerjaan memang sudah seharusnya diselesaikan sesuai dengan berdasarkan prosedur yang sudah ditulis di dalam dokumen SOP.

  • Komitmen

Selain konsisten, SOP juga harus dilaksanakan dengan penuh komitmen, baik itu bagi para pegawai ataupun petinggi-petinggi perusahaan.

  • Setiap Unsur Punya Peran Penting

SOP memiliki peran yang sangat penting untuk setiap pegawai. Dengan demikian apabila ada satu pegawai yang tidak patuh untuk melaksanakan perannya secara baik, maka hal tersebut bisa mengganggu proses yang lainnya.

  • Perbaikan Berkelanjutan

Dalam pelaksanaannya, sebenarnya SOP ini sifatnya tidak kaku alias terbuka dengan adanya penyempurnaan atau perbaikan secara berkelanjutan supaya bisa membentuk prosedur-prosedur yang lebih efisien dan efektif.

  • Terdokumentasi

Seluruh prosedur yang sudah tertulis di dalam SOP sebaiknya dilakukan dokumentasi secara baik. Dengan demikian bisa dijadikan sebagai referensi untuk para anggota lainnya yang membutuhkannya.

Nah, demikianlah ulasan tentang pengertian SOP atau standard operating procedure yang sudah kami rangkum secara jelas. Semoga bisa bermanfaat kepada Anda yang sedang membutuhkan informasi terkait pengertian SOP ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *