Sebagai seorang pebisnis harus beradaptasi dengan teknologi yang sedang berkembang. Mengingat perkembangan teknologi yang semakin hari semakin tak terbendung. Berbagai macam penemuan software untuk mengelola keuangan terutama di bidang akuntansi. Pentingnya manajemen dalam keuangan untuk bisnis yang tak bisa di tutup sebelah mata, berbagai variasi banyak ditemukan.

Satu hal yang perlu dipahami bahwa software akuntansi tidak dapat menggantikan konsep pelaporan keuangan namun yang dapat diganti adalah pengelolaan datanya. Tujuan dan manfaat software akuntansi membantu untuk menghasilkan laporan keuangan secara detail dan terperinci, dengan memudahkan mengevaluasi pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan. Meminimalisir tingkat kesalahan human dalam mengingat suatu data. Ketahui 7 hal ini sebelum menggunakan software akuntansi untuk bisnis Anda.

Tips Memilih Software Akuntansi :

  1. Keamanan Data

Perlu diketahui, kemananan data ini sangat penting. Penyimpanan data yang disediakan oleh pihak jasa. Jika software akuntansinya berbasis desktop, keamanan datanya tergantung dari pihak Anda karena softwarenya di install dan data tersimpan di komputer yang Anda gunakan. Jika memutuskan untuk memilih online, dapat ditanyakan kepada pihak jasa bagaimana cara penyimpanan dan melindungi data Anda

2. Berbasis Desktop dan Online (Cloud)

Berbasis desktop : software akuntansi di instal di komputer serta softwarenya hanya bisa digunakan di komputer yang terinstal aplikasinya.

Berbasis online : software akuntansi yang di akses melalui internet tanpa perlu instalasi softwarenya. Sangat memudahkan flesibelitas Anda yang lebih sering pergi ke luar kota dan memiliki banyak cabang

3. Sistem Backup Data

Pilihlah software akuntansi yang menyediakan fitur expor dan impor data berupa excel. Hal ini untuk mengantasipasi jika terjadi situasi adanya bug yang menyebabkan data Anda menjadi crash.

4. Fitur Yang Tersedia

Fitur yang tersedia harus sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari membuat invoice penjualan/pembelian, stok barang, hutang-piutang, mata uang, laporan keuangan, buku besar, kas bank, projeck, hingga manufaktur. Sesuaikan dengan jenis perusahaan Anda agar lebih maksimal dalam memilih dan menggunakan software akuntansi

5. User Friendly / Mudah Digunakan

Tips selanjutnya cari software akuntansi yang mudah digunakan. Mengingat tidak semua orang mahir di bidang akuntansi. Untuk itu disediakan software akuntansi untuk memudahkan dalam memajemen perusahaan bukan malah sebaliknya yang membuat Anda sibuk dengan satu masalah. Siapa pun dapat menggunakan software akuntansi ini meskipun bukan basic accounting sekalipun.

6. Customer Support

Dukungan customer support menjadi pertimbangan dalam memilih software akuntansi. Pilihlah software akuntansi yang memiliki support dengan baik dalam membantu Anda ketika mengalami kendala ataupun memiliki pertanyaan ketika menggunakannya

7. Biaya Tambahan

Setelah Anda yakin memutuskan untuk membeli softwarenya. Pastikan tanyakan hal mengenai biaya tambahan, mulai dari jika terjadi adanya update atau upgrade softwarenya apakah dikenakan biaya, kemudian biaya untuk pemeliharaan (jika softwarenya online)

Tips diatas dapat dijadikan sebagai referensi untuk memulai kepada perubahan yang lebih baik bagi bisnis Anda. Masing-masing software akuntansi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun jika Anda menginginkan software akuntansi dengan performa baik dan terpercaya salah satu software akuntansi terbaik yaitu accurate software, dimana sudah tersedia berbasis desktop dan online. Fitur yang disajikan sudah sangat lengkap dengan harga yang relatif terjangkau.