Tips Sukses Bisnis Toko Bangunan Yang Prospektif dan Menguntungkan

Bisnis toko bangunan atau biasa disebut TB adalah usaha yang tetap eksis hingga saat ini. Bisnis seperti ini telah ada sejak lama dan tetap bertahan bahkan di era krisis ekonomi

Tips Sukses Bisnis Toko Bangunan yang Prospektif dan menguntungkan

 

Bisnis toko bangunan atau biasa disebut TB adalah usaha yang tetap eksis hingga saat ini. Bisnis seperti ini telah ada sejak lama dan tetap bertahan bahkan di era krisis ekonomi dan moneter pada tahun 1998. Karena azaz kebutuhan, toko bangunan tak hanya ditemukan di kota – kota besar saja, kini masyarakat dapat dengan mudah menemukannya di kota besar, kecil bahkan desa sekali pun. Bisnis toko bangunan adalah bisnis yang menguntungkan dan sangat prospektif karena dapat dibuka di segala musim. Berikut penjelasan singkat seberapa prospektif bisnis toko bangunan ini.

Prospek Cerah Bisnis Toko Bangunan

  • Untung besar: Barang yang dijual di toko bangunan adalah barang yang tidak akan mengalami beban penyusutan. Karena barang – barang toko ini tidak memiliki masa kadaluarsa. Selain itu, pemilik bisnis ini lebih mudah mendapatkan keuntungan yang terbilang besar karena harga jual yang dapat dipatok dengan tinggi. Dengan tingginya margin produk toko bangunan, pemilik usaha dapat dengan mudah melakukan ekspansi usaha dan meraup untung besar. Sehingga meskipun memerlukan modal yang cukup besar, namun hal itu sebanding dengan besarnya margin yang didapatkan.
  • Akan selalu dibutuhkan orang: Keberadaan toko bangunan selalu dibutuhkan orang kapanpudan dimanapun. Terlebih dengan semakin bertambahnya jumlah bangunan termasuk gedung – gedung bertingkat, perumahan serta ruko dan sebagainya. Terlebih jika anda mampu menjalin networking dengan mudah sehingga dapat bekerja sama dengan para kontraktor, mandor maupun para pekerja yang menangani proyek bangunan.

Tips memulai bisnis toko bangunan

  • Memilih Lokasi yang pas

Untuk sebuah bisnis apapun itu, lokasi adalah satu hal yang harus dipertimbangkan dengan matang. Lokasi usaha harus berada di daerah yang strategis, kalau bisa yang belum banyak terdapat kompetitornya. Karena semakin strategis dan rame tempat tersebut maka kemungkinan bisnis anda di ketahui banyak orang semakin tinggi.

Tempat strategis yang dimaksud adalah yang mudah dijangkau dan dilihat orang banyak dari berbagai arah. Tempat strategis yang paling mudah didapatkan adalah yang ada di jalan raya maupun pinggir jalan desa yang ramai, terletak dekat dengan tempat tinggal penduduk, serta dekat dengan berbagai pusat keramaian warga dan sebagainya.

  • Memiliki Fasilitas yang Memadai untuk Konsumen

Selain harus berada di tempat yang ramai, fasilitas yang dimiliki sebuah toko bangunan harus memiliki fasilitas yang memadai untuk konsumen. Fasilitas tersebut salah satunya adalah tersedanya lahan parkir yang luas atau cukup untuk tempat parkir mobil atau motor bahkan truk milik konsumen. Karena mungkin saja konsumen anda akan membeli dalam jumlah yang banyak sehingga membutuhkan alat transportasi seperti truk. Selain itu, sebaiknya tempat parkir yang disediakan juga gratis sehingga pembeli merasa nyaman untuk berbelanja di toko anda.

Selain tempat parkir, anda dapat memberikan fasilitas lain misalnya beberapa tempat duduk di depan toko, bahkan layanan diskon untuk para pelanggan dan sebagainya. Dengan demikian, akan timbul kesan anda memanjakan konsumen anda.

  • Harga bersaing

Selain kualitas serta value yang ditawarkan penjual, hal lain yang paling disukai konsumen adalah harga yang lebih murah. Dengan memberikan harga yang bersaing, maka toko anda pun akan meraih kesuksesan karena semua konsumen senang membanding – bandingkan harga serta kualitas produk dari toko satu dengan toko lainnya. Tak terkecuali membandingkan harga dan kualitas bahan bangunan.

Untuk mendapatkan harga dan kualitas yang bersaing, anda dapat mengecek harga yang ditawarkan beberapa competitor anda. Selain itu anda dapat bermain dengan psikologi konsumen mengenai harga. Misalnya dengan harga mematok harga normal yang sedikit lebih tinggi dari kompetitor, namun anda menawarkannya dengan memberikan satu atau dua bonus. Atau memberikan diskon bagi reseller atau pelanggan tetap meski harga diskon tersebut hanya sedikit lebih murah dari harga yang diberikan kompetitor toko anda.

  • Menyediakan barang bangunan yang lengkap

Selain tempat yang mudah dijangkau, harga yang lebih murah dan fasilitas yang memanjakan konsumen, memberikan variasi pilihan yang banyak dan lengkap adalah nilai plus tersendiri mengapa pelanggan lebih memilih toko anda. Usahakan menyediakan barang bahan bangunan yang lengkap dan bermacam – macam. Sehingga pelanggan akan langsung memilih toko anda sebagai referensi setiap kali mereka membutuhkan bahan bangunan.

  • Memilih supplier terbaik

Supplier adalah pihak terpenting yang perlu anda pikirkan selain konsumen. Ciri supplier terbaik adalah mereka yang memberikan barang – barang dengan kualitas yang tak lagi diragukan, harga reseller yang pas sehingga anda dapat mengambil keuntungan dan pelayanan yang ramah.

Supplier tak susah untuk didapatkan. Anda dapat menemukan mereka dari Internet maupun teman atau saudara yang gemar mencari toko bahan bangunan dengan harga yang miring. Atau bahkan sesame pengusaha toko bangunan serta kontraktor. Anda dapat membandingkan dari berbagai referensi calon supplier anda dan memilih yang terbaik. Setelah mendapatkan reseller yang sesuai dengan kriteria yang anda cari, jalinlah kerjasama yang baik dengan supplier tersebut agar akses anda mendapatkan barang bangunan yang terhitung mahal dan susah di dapatkan di toko bangunan biasa serta silaturahmi yang tetap terjalin dengan baik.

  • Menetapkan strategi pemasaran yang paling efektif

Strategi pemasaran adalah urat nadi sebuah bisnis. Maka demi usaha anda terus berdenyut dan berkembang, strategi pemasaran harus dipilih dan dijalankan. Melakukan pemasaran untuk toko bangunan anda perlu dilakukan secara online maupun offline dengan gencar. Sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan dan nilai plus jika menjadi pelanggan di toko online anda.

Untuk melakukan pemasaran secara offline, anda dapat beriklan di surat kabar, memasang banner atau spanduk iklan di jalan, membagikan brosur, memasarkan secara konvensional dari mulut ke mulut, pemasangan pamflet dan sebagainya. Sedangkan untuk pemasaran secara online, anda dengan mudah memasarkan di berbagai e – commerce, Google Adwords, blog, Google SEO, maupun berbagai media sosial seperti Facebook, Facebook Ads, Instagram, Line dan sebagainya. Umumnya pemasaran secara online membutuhkan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan biaya pemasarans ecara offline. Untuk itu jika anda sedang dalam masa merintis usaha ini dan masih menghemat biaya pemasaran, sebaiknya menggunakan pemasaran online terlebih dahulu. Jangan lupa menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, dan cenderung memprovokasi konsumen untuk membel di toko anda.

  • Mampu bersaing dengan kompetitor

Salah satu cara agar dapat bersaing dengan competitor adalah dengan menawarkan value atau nilai yang menjadi pertimbangan konsumen mengapa mereka memilh belanja di toko anda. Selain menawarkan value yang berbeda dari kompetitor, pemasaran anda juga harus lebih gencar dilakukan sehingga lebih banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berencana membuka sebuah bisnis toko bangunan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *