7 Strategi Pemasaran Ampuh Sepanjang Masa versi Accurate Accounting Software

Sejak ratusan tahun lalu, nenek moyang kita telah melakukan transaksi jual beli. Strategi pemasaran yang tetap ampuh sepanjang zaman telah diterapkan walaupun dengan cara yang sederhana. Walapun sederhana, pada kenyataannya strategi pemasaran tsb sudah terbukti ampuh meningkatkan penjualan.

Di era yang semakin maju ini dunia bisnis kian berkembang. Strategi pemasaran menjadi salah satu ujung tombak bagi kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa pemasaran yang baik, sangat sulit untuk menjual produk dalam jumlah besar. Hal ini juga akan menghambat perputaran barang, dan akhirnya roda bisnis pun bisa macet. Duh!!

Beberapa pakar telah menerapkan strategi pemasaran modern untuk menjawab tantangan zaman. Namun, tahukan kamu bahwa ada strategi pemasaran yang tetap ampuh sepanjang zaman? Tidak ada salahnya kamu mempelajari juga strategi pemasaran klasik ini. 7 Strategi pemasaran yang tetap ampuh sepanjang zaman :

  1. Pendekatan Secara Personal

Sebelum menawarkan sebuah produk, pastikan kamu telah membuat kesan yang baik thd calon konsumen. Pendekatan secara personal salah satu stratregi pemasaran yang tetap ampuh sepanjang zaman. Konsumen akan merasa lebih nyaman melakukan transaksi kepada orang yang dikenanya secara personal. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menerapkan strategi ini misalnya meminta mengisi survey, mengirimkan email ucapan ulang tahu, dan menanyakan tingkat kepuasan konsumen setelah melakukan transaksi.

2. Menunjukkan Produk Secara Langsung

Yup! meskipun transaksi online dianggap efisien, bertemu dengan tatap muka langsung dengan konsumen tetap menjadi pilihan. Sediakan contoh produk yang dapat dilihat langsung oleh calon konsumen. Berikan calon konsumen kesempatan untuk memahami spesifikasi produk dan memeriksa kualitasnya. Dengan strategi pemasaran ini, konsumen akan lebih yakin untuk membeli produk kamu.

contoh yang dapat dilihat langsung oleh calon konsumen. Berikan calon konsumen kesempatan untuk memahami spesifikasi produk dan memeriksa kualitasnya. Dengan strategi pemasaran ini, konsumen akan lebih yakin untuk membeli produk Anda.

3. Memberikan Diskon dan Produk Gratis

Kebanyakan calon konsumen akan tergiur dengan iming-iming potongan harga dan hadiah langsung berupa produk gratis. Pastikan kamu benar-benar memperhitungkan strategi potongan harga dan produk gratis ini. Calon konsumen kamu merupakan orang-orang yang cerdas. Jangan sampai melakukan penipuan dengan pura-pura memberikan diskon padahal konsumen sudah mengetahui berapa harga sebenarnya dari produk tsb. Jika nekat, kamu akan kehilangan kepercayaan konsumen. Bahaya banget nih!

4. Peka Terhadap Kebutuhan Konsumen

Konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, kamu perlu untuk cepat tanggap dan lebih peka dalam menanggapi kebutuhan konsumen ini. Kamu juga sebaiknya peka terhadap hal-hal yang tidak diungkapkan konsumen, disinilah intuisi kamu sebagai pebisnis bisa terasah. Kamu dapat menentukan bagaimana caranya dapat memuaskan konsumen dengan produk yang kamu jual.

4. Kemasan Produk yang Unik

Kemasan produk yang unik akan menjadi kesan pertama yang baik bagi calon konsumen untuk dilirik. Kemasan yang baik juga dapat memperkuat posisi produk pada kelas yang tepat sesuai segmentasi pasar. Sebaiknya kamu memperhatikan semua detailnya, mulai dari kotak kemasan, plastik pembungkus, hingga logo yang unik. Kemasan produk yang menarik sangat potensial meningkatkan minat calon konsumen untuk membeli produk Anda.

6. Product Branding

Agar bisa mencapai target penjualan yang ditetapkan, sangan penting untuk membuat produk dikenal masyarakat luas. Dalam mengenalkan produk, kamu sebaiknya menjelaskan tentang spesifikasi produk dab keunggulannya dibanding produk sejenis. Semakin banyak orang yang mengenal produk kamu, maka akan semakin bertambah jumlah calon konsumen potensial. Ini sangat baik untuk perkembangan bisnis kamu.

7. Melayani Dengan Sepenuh Hati

Tidak heran kalau melayani dengan sepenuh hati merupakan strategi pemasaran yang tetap ampuh sepanjang zaman. Kamu harus bersikap sabar dalam menjawab pertanyaan yang diajukan konsumen. Tanggapi setiap keluhan konsumen dengan solusi yang tepat. Bantulah konsumen berbelanja dengan sepenuh hati. Tentu ini tidak mudah jika kamu berhadapan dengan konsumen yang rewel. Percayalah, tidak selamanya konsumen akan rewel. Jika kamu melayaninya dengan sepenuh hati, konsumen yang rewel pun akan menjadi pelanggan yang setia. Karena pada dasarnya setiap manusia itu baik dan ingin diperlakukan dengan baik.

Kamu dapat membuat formulasi yang tepat dengan mensinergikan antara strategi pemasaran modern dengan klasik untuk mengembangkan bisnis kamu.

BACA JUGA :

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *