8 Ide Usaha Rumahan yang Cocok Berprospek Bagus

Dewasa ini memang banyak sekali bisnis-bisnis baru yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif. Namun seringkali yang menjadi hambatan ketika ingin membuka usaha yaitu modal yang tidak cukup. Sebenarnya banyak sekali usaha yang bisa anda geluti tanpa membutuhkan modal yang besar. Lebih tepatnya usaha rumahan yang memiliki prospek bagus dengan modal yang minim.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan membuka usaha rumahan seperti halnya tidak terpengaruh dengan menurunnya mata uang Rupiah. Banyak sekali ide usaha rumahan yang bisa anda pilih. Yang pertama Anda bisa menyesuaikan dengan bakat dan hobi yang anda miliki. Seperti halnya membuat kerajinan tangan, catering fashion dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mengenai 8 ide usaha rumahan yang cocok berprospek bagus, simak ulasannya berikut ini.

Produksi Pembuatan Boneka

Ide usaha rumahan yang pertama yaitu membuat boneka. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini cukup minim. Karena hanya untuk membeli peralatan dan bahan seperti kapas, gunting, benang, kain dan lain sebagainya. Usaha ini bisa dijadikan sebagai kerja sampingan. Pasalnya untuk membuat boneka, Anda bisa melakukannya kapan saja. Sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama.

Agar bisnis anda semakin banyak peminatnya dan bisa mendapatkan keuntungan, anda perlu memasarkannya melalui internet. Sehingga bisa mencakup pasar yang lebih luas. Agar usaha anda ini diminati banyak orang, pastikan memiliki kualitas yang baik dengan harga yang normal. Selain itu, untuk menarik perhatian banyak orang, anda bisa menjual boneka-boneka unik.

Bisnis Jualan Hijab yang Menguntungkan

Ide usaha rumahan yang selanjutnya yaitu berjualan hijab. Untuk usaha rumahan yang satu ini, anda tidak perlu memproduksinya sendiri. Karena anda bisa mengambilnya dari pemasok dengan harga yang lebih murah. Agar bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi, anda harus bisa tawar menawar dengan pemasok untuk mendapatkan harga yang miring.

Bisnis ini terbilang banyak peminatnya, pasalnya indonesia merupakan negara dengan penduduk yang mayoritas muslim. Apalagi saat ini hijab sudah menjadi tren di kalangan banyak orang baik dalam negeri ataupun luar negeri. Untuk menjual hijab ini, anda bisa memilih berbagai model yang saat ini sedang tren. Seperti halnya pashmina, hijab segi empat, hijab syar’i dan lain sebagainya. Untuk media promosi yang bisa anda gunakan yaitu membuka toko kecil-kecilan di rumah atau memasarkannya melalui internet baik itu media sosial seperti facebook, instagram dan lain sebagainya.

Bisnis Catering Rumahan

Jika Anda memiliki bakat memasak, tidak ada salahnya anda membuka usaha rumahan berupa catering. Memang modal yang dibutuhkan untuk usaha ini cukup besar karena keperluan yang dibutuhkan juga banyak. Seperti peralatan memasak, bahan memasak dan gaji untuk karyawan.

Namun untuk memulai usaha catering anda bisa mencari proyek kecil-kecilan seperti acara tasyakuran dan acara seminar dengan peserta kurang dari 50. Sebagai sarana promosi, anda tidak perlu muluk-muluk untuk melayani catering dengan jumlah yang sangat banyak. Sebenarnya katering dengan porsi yang sedikit juga akan menguntungkan jika dilakukan secara rutin.

Warung Makan

Tidak jauh berbeda dengan ide usaha sebelumnya, membuka warung makan juga bisa menjadi pilihan terbaik. Jika anda memiliki bakat memasak, modal untuk membuka warung makan memang lebih banyak. Karena harus menyewa tempat dan memenuhi segala kebutuhan atau peralatan. Namun jika anda memiliki tempat sendiri  hal ini akan sangat menguntungkan. Karena uang modal tersebut bisa anda gunakan untuk membeli keperluan yang lain.

Membuka warung makan ini tidak perlu yang terlalu mewah, anda bisa membuka warteg atau makanan lainnya dengan harga yang terjangkau. Agar semakin banyak pembeli, anda bisa membuka usaha ini di sekitar sekolah, kampus, perkantoran dan lain sebagainya.

Bisnis Fashion

Dewasa ini fashion memang tidak ada matinya, bahkan setiap harinya ada saja model terbaru, khususnya di kalangan perempuan. Saat ini yang paling banyak diminati oleh konsumen yaitu sepatu, baju, celana, tas, dompet dan lain sebagainya yang kekinian.

Untuk membuka usaha fashion ini, anda tidak harus memproduksinya sendiri. Pasalnya anda bisa membelinya dari pemasok dengan harga yang lebih murah. Setelah itu, Anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Apalagi saat ini banyak sekali usaha fashion yang membuka reseller, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi anda untuk membuka usaha rumahan.

Kerajinan Tangan

Anda memiliki bakat pada bidang kerajinan tangan seperti membuat anyaman ukiran dan lain sebagainya? Tidak ada salahnya jika anda mengembangkan bakat tersebut untuk dijadikan sebagai bisnis. Saat ini kerajinan tangan semakin banyak diminati, khususnya di luar negeri. Karena orang barat memang lebih suka dengan yang eksotis-eksotis di indonesia seperti kerajinan tangan.

Modal yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini cukup sedikit, karena modal terbesar dari kerajinan tangan yaitu ke kreatifan. Pasalnya kerajinan tangan yang unik ini bisa dihargai cukup tinggi di pasar mancanegara.

Namun, jika anda tidak memiliki bakat di bidang kerajinan tangan, anda bisa memasoknya dari pengrajin sentra usaha kecil menengah. Nantinya anda bisa mempromosikan hasil kerajinan tangan ini melalui internet agar bisa diketahui banyak orang.

Bisnis Jualan Baju Batik

Batik indonesia sudah mendapatkan nama baik di dunia internasional, karena sudah diakui oleh UNESCO. Sehingga harga jual batik indonesia ini terbilang tinggi. Jenis batik yang berkualitas dan diminati banyak orang yaitu batik tulis. Namun, pemodalan dibutuhkan untuk membuka usaha batik tulis ini cukup tinggi, karena harga jualnya juga mahal.

Untuk membuka usaha batik ini, anda bisa bekerja sama dengan kelompok-kelompok pembatik. Daerah-daerah penghasil batik terbaik yaitu solo, pekalongan dan yogyakarta. Sehingga anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Untuk penjualan yang lebih luas, anda bisa mempromosikannya melalui internet atau membuka toko online. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan pameran produk dalam negeri diluar negeri yang difasilitasi pemerintah untuj promosi batik.

Jualan Jamu di Rumah

Ida usaha rumahan yang terakhir yaitu membuat jamu. Berjualan jamu memang identik dengan berkeliling dengan berjalan kaki sambil menggendong botol jamu. Namun perlu anda ketahui bahwa saat ini jamu nusantara sudah memiliki pasar yang luas di luar negeri, sehingga memiliki prospek yang bagus.

Namun untuk membuka bisnis ini, anda harus mengetahui bahan-bahan jamu. Karena jika anda menjual jamu dengan bahan yang salah, bisa menjadi racun. Saat ini jamu yang paling banyak diminati di luar negeri yaitu jamu kunyit asem yang dijual di luar negeri dengan harga 2 sampai 3 kali lipat harga di indonesia. Sehingga keuntungan yang anda dapatkan lebih banyak.

Itulah ulasan mengenai 8 ide usaha rumahan yang cocok memiliki prospek bagus. Tidak selamanya usaha rumahan membutuhkan modal yang tinggi, pasalnya anda bisa memanfaatkan dan mengembangkan bakat yang anda miliki untuk mendapatkan keuntungan. Karena pekerjaan yang baik adalah hobi yang menghasilkan uang. Semoga bermanfaat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *