Pentingnya Etika Bisnis Dalam Suatu Perusahaan

Apakah Anda merupakan salah satu pebisnis di Indonesia? Maka sudah jelas Anda tidak asing lagi dengan istilah etika bisnis. Etika bisnis ini merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Jadi, apabila Anda ingin perusahaan Anda berjalan dengan lama dan baik, haruslah mengaplikasikan etika bisnis yang baik.

Sesuai dengan namanya, etika bisnis, secara harfiah dapat diartikan sebagai perilaku dalam berbisnis. Di dunia ini, tidak ada orang yang menyukai etika buruk, dan itu termasuk dalam dunia bisnis. Apabila Anda memiliki etika bisnis yang baik, maka niscaya usaha Anda akan lancar dan baik.

Pada artikel ini akan kami jabarkan seberapa pentingnya etika bisnis dalam perusahaan. Pun juga akan kami jelaskan tujuan, prinsip serta manfaat yang akan Anda dapatkan apabila perusahaan Anda mengadopsi etika bisnis yang baik.

 

Pentingnya Etika Bisnis dalam Perusahaan

 Etika bisnis merupakan suatu studi mengenai prinsip-prinsip atau standar-standar moral dan bagaimana standar-standar ini berlaku bagi sistem dan organisasi yang digunakan oleh masyarakat untuk menghasilkan dan mendistribusikan barang dan jasa, dan bagi orang-orang yang bekerja di dalam organisasi tersebut.

Etika bisnis bukanlah suatu jenis lain etika. Hal ini merupakan etika dalam konteks bisnis. Etika ini memfokuskan pada apa yang merupakan perilaku yang benar atau salah di ranah bisnis dan bagaimana prinsip-prinsip moral diterapkan oleh para pelaku bisnis pada situasi-situasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mereka di lingkungan pekerjaan.

Para pelaku bisnis tidak perlu mengadopsi seperangkat prinsip etika untuk memandu mereka dalam mengambil keputusan-keputusan bisnis dan seperangkat prinsip lain untuk memandu kehidupan pribadi mereka.

Tujuan Etika Bisnis dalam Perusahaan

Pada dasarnya sebuah etika bisnis ini digalakkan karena memiliki maksud dan tujuan tertentu dalam dunia bisnis. Adapun tujuan etika bisnis adalah untuk menjalankan dan menciptakan sebuah bisnis seadil mungkin. Selain itu, juga dimaksudkan untuk menghilangkan ketergantungan pada sebuah kedudukan individu maupun perusahaan.

Etika bisnis ini tingkatannya lebih luas jika dibanding dengan ketentuan yang sudah diatur berdasarkan hukum yang berlaku. Bahkan jika dibandingkan dengan standar minimal dari ketentuan hukum, maka etika bisnis menjadi standar atau ukuran yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan dalam kegiatan berbisnis tidak jarang kita jumpai adanya bagian ‘abu-abu’ alias tidak diatur berdasarkan ketentuan hukum.

Prinsip Etika Bisnis dalam Perusahaan

 Di bawah ini adalah beberapa prinsip yang terdapat dalam etika bisnis dalam perusahaan. Prinsip-prinsip beserta penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Kejujuran ketika berkomunikasi dan bersikap

Kejujuran merupakan poin penting dalam menjalankan usaha sekaligus membangun kepercayaan. Dalam berbisnis, Anda wajib bersikap jujur dalam segala hal, mulai dari memberikan informasi dan menganalisa kekurangan perusahaan.

  • Integritas

Seseorang yang mempimpin perusahaan mendapatkan kepercayaan dari oran lain karena mempunyai integritas. Integritas dapat diartikan sebagai konsistensi antara pemikiran, perkataan, dan perbuatan.

  • Memenuhi janji serta komitmen yang dibuat

Seorang pebisnis dapat dipercaya karena mampu memenuhi semua janji serta komitmennya yang pernah dibuat. Dalam berbisnis, Anda tidak boleh asal membuat janji, tetapi saat diucapkan Anda dapat langsung memenuhinya dengan baik.

  • Loyalitas

Loyalitas merupakan hal yang penting dalam berbisnis. Hal ini agar bisnis yang Anda jalani dapat berjalan dengan baik tanpa adanya konflik.

Keloyalan dapat ditunjukan dengan bekerja keras sesuai dengan visi misi perusahaan serta mampu membedakan urusan kantor dengan masalah pribadi. Loyalitas juga dapat terlihat dari keseriusan Anda mengembangkan bisnis yang dijalani.

Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan

Etika bisnis tentunya memiliki manfaat tersendiri bagi perusahaan. Apabila perusahaan mengaplikasikan etika bisnis secara optimal dan terus menerus, maka perusahaan tersebut akan mendapatkan beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut:

  1. Perusahaan jadi lebih terpercaya

Perusahaan yang selalu mengedepankan etika bisnis bisa membuat perusahaan menjadi lebih terpercaya di mata pelanggan. Dengan etika bisnis ini, perusahaan dapat menunjukkan bahwa perusahaan mereka selalu jujur dan tidak pernah menipu pelanggannya.

Adanya kepercayaan dari konsumen, perusahaan akan dinilai loyal dalam melakukan bisnis mereka dengan konsumen. Pada akhirnya, konsumen akan merekomendasikan perusahaan Anda sebagai perusahaan yang dapat dipercaya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

  1. Meningkatkan reputasi perusahaan

Perusahaan yang memperhatikan etika bisnis dapat membantu untuk meningkatkan citra positif mereka dipasar dan masyarakat. Tentunya hal ini dapat mendatangkan pelanggan baru melalui sistem pemasaran ‘mouth to mouth’ alias mulut ke mulut.

Begitupun sebaliknya, bila perusahaan tidak memperhatikan etika bisnis ini dengan baik maka perusahaan bisa memperoleh citra yang negatif dari pasar atau pelanggan.

Hal ini dapat mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru terutama di sosial media. Ketika pelanggan tidak puas dengan pelayanan Anda mereka biasa akan menyebarkan informasi pengalaman negatif bertransaksi dengan Anda di sosial media.

  1. Menciptakan budaya perusahaan yang khas

Penerapan etika bisnis di dalam perusahaan akan menciptakan dan membentuk budaya perusahaan yang khas dan membuat keunggulan dalam perusahaan itu. Dengan terbentuknya budaya yang khas ini akan menciptakan kontribusi pada nilai dan norma yang berlaku pada perusahaan.

Dengan adanya hal tersebut, etika bisnis dapat membantu untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik.

  1. Perusahaan dapat beradaptasi terhadap perubahan

Karyawan yang memiliki etika bisnis ditempat kerja merupakan kunci utama dari kesuksesan perusahaan. Mereka akan memiliki pemahaman, dapat dipercaya, dapat diandalkan, memiliki motivasi, perhatian dan juga bertanggung jawab dengan beradapatasi dengan segala posisi dan pekerjaan yang diberikan kepada mereka.

Pada saat perusahaan mengalami kekurangan karyawan karena beberapa karyawan meninggalkan perusahaan karena perubahan, maka karyawan yang memiliki etika bisnis dapat dipercaya dan bertanggung jawab atas perubahan tersebut. Mereka akan berusaha untuk memaksimalkan pekerjaan mereka.

  1. Menumbuhkan produktivitas dan kerja tim

Manfaat etika bisnis selanjutnya adalah menyelaraskan perilaku karyawan dengan nilai-nilai etika utama yang di sukai oleh tim manajemen. Biasanya, di dalam lingkungan perusahaan akan selalu benturan antara nilai-nilai yang disukai oleh karyawan dengan nilai perilaku di lingkungan kerja.

Dengan adanya perhatian terhadap etika bsinis maka akan tercipta dialog antar karyawan dan juga membangun keterbukaan, integritas dan unsur-unsur penting lainnya yang dapat memperkuat tim di tempat kerja.

Seluruh karyawan akan menyelaraskan nilai dari diri mereka dengan nilai-nilai yang ada di dalam perusahaan. Hal ini akan memotivasi mereka untuk menjadi lebih produktivitas dan bekerja sama dengan tim.

  1. Terhindar dari masalah hukum

Di dalam perusahaan terkadang tim manajemen tergoda untuk mengambil jalan pintas untuk memaksimalkan laba seperti melanggar aturan pemerintah atau mengabaikan keselamatan kerja karyawan. Hal ini bisa membuat perusahaan bisa terlibat dalam masalah hukum denda dari pemerintah.

Citra yang negatif ini dapat menyebabkan kerusakan pada reputasi perusahaan yang tentunya dampaknya melebihi nilai dari biaya hukuman atau denda.

Oleh sebab itu, perusahaan harus mampu untuk menjaga standar etika bisnis dan meluangkan waktu untuk melatih setiap orang didalam perusahaan untu berperilaku dan beretika dengan baik.

  1. Perlindungan dan jaminan aset

Ketika karyawan Anda memiliki lingkungan kerja yang etis dan perilaku yang etis di tempat kerja maka biaya operasional perusahaan akan berkurang karena mereka menyadari tugas dan tanggung jawab mereka terhadap perusahaan.

Mereka akan menyadari bahwa mereka tidak boleh melakukan perusakan terhadap peralatan atau mesin yang telah diberikan kepada mereka karena mereka peralatan tersebut sangat berharga bagi perusahaan.

Dan mereka juga menyadari bahwa perusakan terhadap aset perusahaan merupakan tindakan yang salah sehingga mereka akan merawatnya dan bekerja secara sistematis.

Nah, sampai di sini pembahasan kita tentang hal-hal yang berkaitan dengan  etika bisnis. Selamat untuk Anda yang berani masuk dalam dunia bisnis, dan tentunya dengan menjunjung tinggi adanya etika bisnis. Pebisnis dengan etika bisnis yang baik pasti akan mendapatkan citra baik dari klien maupun sesama perusahaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *