Tips Mencari Vendor Barang Dagangan Terpecaya Begini Caranya!

Terdapat empat tingkatan dalam rantai pendistribusian barang yakni produsen, importir atau Master Distributor (MD), Distributor dan Reseller atau Dropshipper. Jika Anda memutuskan untuk berbisnis pasti Anda mencari vendor barang dagangan dengan harga termurah bukan? Oleh karena itu sebaiknya mencari vendor langsung ke produsen untuk mendapat harga terendah. Namun tidak ada salahnya juga jika menjadikan importir atau MD sebagai vendor. Dalam mencari vendor untuk bisnis memang terbilang susah-susah gampang.

Anda tidak hanya harus fokus pada pemberian harga, tetapi juga menjawab pertanyaan apakah vendor tersebut tepat dan tepercaya? Maka sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu terhadap pilihan vendor barang dagangan tersebut. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk memastikan konsumen akan mendapatkan produk yang berkualitas. Sebagai bahan pertimbangan, berikut tips yang dapat digunakan sebagai referensi ketika mencari vendor barang daganagn terbaik untuk bisnis Anda.

Sumber Mendapatkan Vendor
1. Datang ke sentra industri atau bazar
Cara pertama yang bisa ditempuh adalah dengan mendatangi langsung sentra industri atau bazar bisnis. Mendatangi vendor barang dagangan secara langsung ke lokasi produksi atau lokasi berjualannya akan memberikan beberapa keuntungan kepada Anda. Selain Anda bisa melihat segala proses produksi, Anda juga bisa langsung melihat serta memilih sendiri kualitas produk yang ingin Anda jual kembali.

Anda pun bisa secara langsung melihat pemiliknya sehingga bisa mengurangi risiko kerugian. Ditambah lagi bisa membangun keakraban sehingga akan timbul kepercayaan pada kedua belah pihak. Serta bukan tidak mungkin harga yang diberika pada Anda bisa lebih rendah atau diskon.

Pilihan lainnya adalah dengan rajin mengunjungi bazar bisnis. Dalam bazar ini akan banyak bisnis lain yang memperkenalkan produk yang dimiliki dengan harapan akan terbentuk satu kerjasama. Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk membangun jaringan dan relasi, kerjasama, serta wawasan. Karena banyak peserta yang mengikuti, Anda akan mempunyai banyak pilihan dan tentu saja menemukan vendor dengan harga termurah.

2. Melalui website atau toko online
Apabila belum menemukan vendor yang tepat di sekitaran Anda atau mungkin tidak ingin repot menempuh perjalanan untuk mencari vendor, Anda bisa mengunjungi website resmi atau online shop vendor yang sudah Anda incar. Atau jika Anda belum mempunyai daftar nama vendor yang akan dicari informasi resminya, bisa terlebih dahulu mencari di dunia maya dengan menggunakan situs penelusuran atau media sosial. Masukkan berbagai kata kunci yang memungkinkan untuk mendapatkan banyak pilihan.

3. Melalui marketplace
Selain di berbagai media sosial, kini online shop juga dapat ditemukan di marketplace. Berbelanja di marketplace biasanya lebih menguntungkan karena di sinilah tempat berkumpulnya banyak pedagang, reseller, dropshipper, grosir, distributor, tangan pertama ataupun importir. Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, Bhinneka, dan Elevania yang terkenal di Indonesia ini bisa menjadi tempat mencari vendor.

Anda bisa mengecek secara langsung satu persatu para penyedia produk yang ada di marketplace untuk dijadikan vendor barang dagangan. Dengan membandingkan harga dan melihat deskripsi tiap produk, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan yang termurah atau produk yang berkualitas.

4. Melalui forum bisnis atau komunitas online
Sumber untuk mendapatkan supplier lainnya adalah forum bisnis online. Di forum online seperti Kaskus, Bersosial.com dan lainnya Anda bisa mencari dengan mengajukan pertanyaan atau mengikuti thread member lainnya. Dalam forum seperti ini ada saja member lain yang akan memberikan informasi seputar produk, vendor ataupun info bisnis lainnya. Anda juga bisa mengikuti komunitas online yang berfokus di bidang bisnis untuk mendapatkan aliran informasi dengan mudah.

5. Melalui website pembanding harga
Jika Anda fokus pada harga termurah yang diberikan oleh vendor, bisa menggunakan website pembanding harga. Ada beberapa website yang bisa digunakan seperti telunjuk.com, pricearea.com, priceza.co.ic, priceprice.com, pricebook.com dan lain sebagainya. Caranya dengan memasukkan jenis produk, lalu website tersebut akan memberikan berbagai referensi toko dengan harga yang bervariasi.

Selanjutnya tinggal memilih mana yang cocok untuk Anda. Biasanya harga-harga yang dibandingkan hanya berasal dari brand resmi yang ada di marketplace yang resmi pula. Sehingga merchant yang membuat toko online-nya sendiri biasanya tidak ada dalam daftar harga yang disajikan.

Tips Memilih Vendor Barang Dagangan

Seperti diketahui, mencari vendor di internet memang sangat mudah serta tidak memerlukan tenaga dan biaya yang cukup besar. Namun ketidak hadiran Anda secara langsung untuk melihat calon vendor dan produknya bisa menjadi ladang yang subur bagi penipuan. Oleh karenanya perhatikan tips-tips berikut sebelum memilih vendor.
a. Alamat dan kontak yang jelas
Toko yang terpercaya akan memberikan alamat dan kontak. Mereka tidak terkesan menutup-nutupi sebagi bukti bahwa tidak ada niat jelek kedepannya.

b. Feedback
Untuk mengetahui kualitas vendor yang akan dipilih bisa dilihat dari feedback yang diberikan oleh konsumen. Untuk yang mempunyai online shop sendiri biasanya mereka mengunggah testimoni konsumen di akun media sosial toko. Jika Anda mencari di marketplace, coba liat kolom penilaian konsumen di bagian bawah produk.

Namun bukan berarti toko yang belum berhasil menjual produknya satu pun dan belum mendapat feedback dapat di katakan buruk. Bisa saja toko tersebut baru dibuka atau produk tersebut baru dijual. Sebaiknya hindari toko yang malas-malasan merespon konsumennya. Karena Anda juga dapat melihat kualitas toko dari cara pemilik toko melayani dan merespon konsumen.

c. Ketersedian barang dagangan
Ketersedian barang dagangan juga harus diperhatikan. Umumnya vendor pasti memiliki stok yang tidak terbatas, sehingga Anda bisa memesannya kapan pun dan dalam jumlah berapa pun.

d. Kondisi produk barang dagangan
Sebelum memutuskan untuk memilih vendor, lihat dulu kondisi produk yang dijual dengan mengecek keterangan produk. Jika informasi yang diberikan tidak terlalu lengkap, maka bisa menanyakan langsung melalui kolom chat pribadi yang disediakan atau kolom komentar. Terkadang sebuah toko memberikan harga yang miring namun spesifikasi atau keakuratan produknya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

e. Kecepatan pengiriman barang
Bisnis penjualan terutama online memiliki kompetisi yang sangat cepat dalam hal ketersediaan barang dan kecepatan pengiriman. Toko yang mempunyai riwayat pengiriman yang buruk sebaiknya tidak dipertimbangkan menjadi vendor.

f. Peraturan toko
Cek terlebih dahulu peraturan toko yang akan dijadikan vendor. Misalnya seperti apakah dapat mengajukan refund atau retur barang. Serta bagaimana cara mengajukan refund dan retur tersebut. Hal ini harus dipastikan untuk kenyamanan kedua belah pihak.

g. Waktu terakhir login
Poin ini biasanya digunakan pada marketplace. Perhatikan waktu terakhir penjual login di akun tokonya. Pemilik toko yang profesional akan selalu mengecek akun marketplace-nya untuk melayani setiap pertanyaan dan pesanan konsumen.

Mencari vendor terpercaya untuk bisnis Anda merupakan sebuah keharusan jika ingin bisnis terus berkembang dan mencapai kesuksesan. Apabila vendor bermasalah maka Anda juga harus bertanggung jawab karena tersendatnya laju transaksi Anda terhadap konsumen.

Begitu juga dalam pengelolaan bisnis Anda nantinya. Pastikan memilih software pengelola keuangan bisnis yang dapat diandalkan, tepercaya dan memudahkan proses pengelolaan itu sendiri. Seperti halnya Accurate Online yang memberi kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Software akuntansi Accurate Online merupakan solusi tepercaya yang membantu semua masalah pembukuan bisnis agar terkelola secara baik dan benar. Dapatkan info lengkapnya hanya di sini.