Tips Strategi Berbisnis UKM Melalui Media Online

Di era modern seperti saat ini bisnis online kian menjamur. Dengan adanya banyak marketplace yang bermunculan membuat setiap orang menjadi mudah untuk mengenalkan sekaligus memasarkan produknya. Tak terkecuali bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, sayangnya para pelaku UMKM belum sepenuhnya memanfaatkan platform online untuk menjual produk-produknya. Padahal media digital sangatlah menjanjikan untuk para pelaku UMKM berjualan online.

Dengan jangkauan pasar yang lebih luas dan jam operasional toko online yang tak terbatas, pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualannya. Setiap UMKM yang beralih ke platform online dapat berkembang dua kali lebih cepat.  Secara otomatis omset dapat meningkat. Selain dapat mengembangkan usaha di skala nasional, UMKM yang berjualan online dan juga memiliki kesempatan mengembangkan usahanya hingga ke ranah global. Dengan demikian pelaku UMKM dapat memberi kontribusi lebih juga terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Pilih Media yang Tepat

Berjualan online tidak hanya soal memposting foto dan deskripsi produk di media sosial atau situs marketplace. Ada berbagai strategi marketing atau pemasaran online lainnya yang penting untuk dipelajari.

Contohnya, pelajari media online yang bisa memberikan layanan untuk memasarkan produk Anda, pilihlah media online yang banyak pengunjungnya seperti :

1. Facebook

2. Instagram

3. Twitter

Menjalankan bisnis online meskipun mudah tetapi juga banyak tantangan dan pertimbangan yang harus dihadapi dan diputuskan secara bijak oleh pelaku bisnis demi kemajuan usahanya. Tantangan memulai bisnis yang mungkin akan Anda hadapi ketika mempunyai bisnis toko online antra lain sebagai berikut :

kompetitor

Dengan bermunculan para kompetitor yang menjalankan bisnis di bidang yang sama, Anda perlu jeli dan bertindak kreatif. Para pelaku bisnis harus bisa menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dibanding dengan pelaku bisnis toko online lainnya demi menarik minat konsumen. Misalnya dengan menambah variasi produk lebih banyak, harga lebih murah dan yang paling penting adalah memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan kepada konsumen.

Sulitnya Membangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah jalan menuju kesuksesan. Hal itu karena semua kolaborasi terutama dalam dunia usaha, dibangun atas dasar kepercayaan. Ada beberapa pertanyaan dasar tentang berbelanja di online shop. Misalnya, apakah barang betul-betul akan dikirim setelah mereka membayar? Apakah barang yang akan diterima, sama dengan yang dipesan? Apakah barang akan diterima dalam keadaan baik?

Penipuan

Penipuan merupakan tantangan yang menjadi ancaman besar bagi pelaku bisnis online. Jika pada poin sebelumnya para konsumen yang berbuat ulah, kali ini penjual bisnis online bisa saja hilang kepercayaan. Pasalnya, dalam bisnis ini kerap bermunculan penjual online yang tidak bertanggungjawab. Masalah ini tentu menimbulkan keraguan pada konsumen untuk berbelanja lewat online. Solusinya ialah Anda harus meyakinkan para konsumen dengan menampilkan testimoni para konsumen sebelumya di situs online Anda. Yakinkan mereka bahwa toko online Anda merupakan tempat berbelanja yang aman dan terpercaya

Hal tersebut diatas adalah tantangan yang pelu dilewati oleh pelaku bisnis UMKM, tetapi  Anda tidak perlu khawatir seiring waktu berjalan sudah banyak alat bantu yang bisa Anda gunakan dalam membangun Bisnis, salah satunya adalah software akuntansi merupakan sebuah aplikasi atau program yang dirancang khusus untuk memudahkan serta mempercepat perhitungan laporan keuangan, neraca dan berbagai bentuk laporan keuangan dalam suatu perusahaan.

Dengan banyaknya transaksi jual beli yang ada, belum lagi jika ditambah dana operasional produksi, semuanya membutuhkan suatu perhitungan yang cermat, cepat namun tetap akurat. Karena itulah software akuntansi ini akan sangat membantu sebuah perusahaan dalam mengolah laporan keuangannya.

Apalagi software akuntansi saat ini telah mengembangkan teknologinya dengan menggunakan cloud system dimana dengan menggunakan teknoloi tersebut, Anda dapat mengakses data akuntansi kapan dan dimana saja dengan data yang ditampilkan secara up-to-date atau real time.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *